Selasa, 02 November 2021

ANALISIS PEMODELAN PERANGKAT LUNAK


1. Jelaskan arti dari faktor internal dan eksternal perusahaan dalam melakukan analisis SWOT!

    Analisis SWOT adalah analisis yang penting dilakukan pada perusahaan untuk menentukan penyusunan strategi, penjualan produk, maupun ide bisnis baru. Selain digunakan pada perusahaan atau urusan bisnis, sebenarnya analisis ini bisa digunakan pada diri sendiri untuk mengembangkan karir Anda.

    Analisis SWOT adalah suatu teknik perencanaan strategi yang bermanfaat untuk mengevaluasi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threat).

    Terdapat 4 (empat) komponen dasar pada analisis SWOT, yaitu:

  • S: Strength atau kekuatan. Komponen Strength ini adalah suatu karakteristik yang dapat memberikan keuntungan atau kelebihan dibandingkan dengan yang lainnya.
  • W: Weakness atau kelemahan. Weakness adalah salah satu karakteristik yang dapat menentukan kelemahan yang ada pada perusahaan.
  • O: Opportunity atau peluang. Opportunity adalah peluang-peluang apa saja yang mungkin bisa dimanfaatkan untuk perusahaan Anda agar bisa makin berkembang nantinya.
  • T: Threat atau ancaman. Threat adalah keberadaan ancaman-ancaman apa saja yang mungkin akan dihadapi oleh perusahaan dalam perjalanannya, yang mana dapat menghambat perkembangan dari perusahaan Anda.

Dari empat komponen di atas, analisis SWOT dapat dibagi menjadi dua faktor yaitu; faktor internal dan faktor eksternal.

1. Faktor Internal Dalam Analisis SWOT Adalah Sebagai Berikut

Faktor internal pada analisis SWOT terdiri dari strength (kekuatan) dan weakness (kelemahan). Untuk mengidentifikasi faktor internal biasanya mencakup:

  • Pengalaman perusahaan baik yang berhasil atau gagal.
  • Finansial pada perusahaan.
  • Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan.
  • Kekuatan dan kelemahan dari perusahaan.

2. Faktor Eksternal Dalam Analisis SWOT Adalah Sebagai Berikut

Faktor eksternal dalam analisis SWOT mencakup opportunity (peluang) dan threat (ancaman). Untuk mengidentifikasi faktor eksternal biasanya meliputi:

  • Lingkungan.
  • Peraturan pemerintah.
  • Trend.
  • Budaya, ideologi, sosial politik, perekonomian.
  • Peristiwa yang sedang terjadi.
  • Sumber permodalan.
  • Perkembangan teknologi

2. Mengapa analisis SWOT perlu dilakukan? dan untuk keperluan apa saja analisis SWOT tersebut dilakukan!

Analisis SWOT perlu dilakuakn karena mamiliki Kegunaan analisis SWOT adalah untuk menemukan aspek-aspek penting dari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman di dalam suatu perusahaan.
    Dengan mengetahui empat aspek tersebut, diharapkan dapat memaksimalkan kekuatan, meminimalkan kelemahan, mengurangi ancaman, dan membangun peluang-peluang di masa depan. Penilaian SWOT bukanlah alat analisis yang mampu memberikan jalan keluar yang tepat bagi semua masalah yang ada di perusahaan. Namun, analisis SWOT adalah alat analisis yang ditujukan untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi atau mungkin akan dihidupi oleh organisasi.


3. Bagaimana analisis PIECES itu dilakukan oleh perusahaan?

Analisis PIECES dapat dilakukan oleh perusahaan dapat menggunakan 

  • Metode (Pendekatan Penelitian dengan menggunakan kerangka PIECES itu sendiri kemudian Mengumpulkan Sumber data).
  • Result & Discussion (Conclution dan Recomendation)

4. Seberapa penting analisis PIECES dilakukan! Jelaskan!
    Analisis PIECES ini sangat penting untuk dilakukan sebelum mengembangkan sebuah sistem informasi karena dalam analisis ini biasanya akan ditemukan beberapa masalah utama maupun masalah yang bersifat gejala dari masalah utama. Metode ini menggunakan enam variable evaluasi yaitu :

  • Performance (kinerja) Kinerja merupakan variable pertama dalam metode analisis PIECES. Dimana memiliki peran penting untuk menilai apakah proses atau prosedur yang ada masih mungkin ditingkatkan kinerjanya, dan melihat sejauh mana dan seberapa handalkah suatu sistem informasi dalam berproses untuk menghasilkan tujuan yang diinginkan. Dalam hal ini kinerja diukur dari: Throughput, yaitu jumlah pekerjaan/output/deliverables yang dapat dilakukan/ dihasilkan pada saat tertentu.  Response time, yaitu waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan serangkaian kegiatan untuk menghasilkan output/deliverables tertentu.

  • Information (informasi) Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat diperbaiki sehingga kualitas informasi yang dihasilkan menjadi semakin baik. Informasi yang disajikan haruslah benar–benar mempunyai nilai yang berguna. Hal ini dapat diukur dengan :
    1. Keluaran (outputs): Suatu sistem dalam memproduksi keluaran.
    2. Masukan (inputs): Dalam memasukkan suatu data sehingga kemudian diolah untuk menjadi informasi yang berguna.
  • Economic (ekonomi) Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat ditingkatkan manfaatnya (nilai gunanya) atau diturunkan biaya penyelenggaraannya.
  • Control (pengendalian) Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat ditingkatkan sehingga kualitas pengendalian menjadi semakin baik, dan kemampuannya untuk mendeteksi kesalahan/ kecurangan menjadi semakin baik pula.
  • Efficiency (efisiensi) Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat diperbaiki, sehingga tercapai peningkatan efisiensi operasi, dan harus lebih unggul dari pada sistem manual.
  • Service (layanan) Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat diperbaiki kemampuannya untuk mencapai peningkatan kualitas layanan. Buatlah kualitas layanan yang sangat user friendly untuk end – user (pengguna) sehingga pengguna mendapatkan kualitas layanan yang baik.

5.  SWOT dan analisis PIECES GOJEK

Analisis SWOT

  • S: Strength Bisnis model sangat efisien, jumlah driver banyak, mudah diduplikasi di daerah lain, membuka banyak lapangan pekerjaan.
  • W: Weakness Pihak perusahhan punya ketergantungan yang sangat tinggi terhadap driver, Proses  bisnis tidak bisa berjalan tanpa adanya akses internet.
  • O: Opportunity Dapat menambah ke sector bisnis lainnya, Mudah mengaet pihak strategis, Akses pasar kepada generasi milenial sangat terbuka.
  • T: Threat Regulasi hukum belum matang dan bisa berubah, Adanya segenap masyaraka yang belum bisa beradaptasi.

Aalisis PIECES

  • Performance (kinerja), Sangat mudah mendapatkan loka untuk bekerja dengan mengandalkan smartphone dan notifikasi, Respon time bergantung siapa cepat dia dapat (Bagi Driver).
  • Information (informasi) Informasi mengenai harga dan lokasi dari seorang driver maupun sang pelanggan sangat mudah karena dilengkapi dengan fitur chat dan maps location
  • Economic (ekonomi) Kegunaan sangat mudah dan masih bisa di gunakan asalkan memiliki akses internet yang memadai dan lokasi titik yang sesuai
  • Control (pengendalian) Perlu adanya peningkatan mengenai fitur baik bagus namun semakin berat kurang memadai untuk fasilitas handphone yang belum memumpuni..
  • Efficiency (efisiensi) Kefisienan yang perlu di perbaiki adalah kemudahan dan keringanan dalam menjalankan aplikasi, sehingga tidak memerlukan space dan spesifikasi handphone yang berat..
  • Service (layanan) Kualitas layanan dan performa sudah cukup baik tinggal memperbaharui kesiapan dan pemasaran terhadap user yang masih belum siap beradaptasi (gaptek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Software Requirements Specification for <Rancang Bangun Aplikasi Transaksi Toko ATK >

https://drive.google.com/file/d/1P_JAJKNvdjBgmfHVfhKlRHmrUIJBHkou/view?usp=drivesdk